Minggu, 08 Desember 2013

Perkembangan Teknologi (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan)

Tekhnologi memperlihatkan fenomena alam masyarakat sebagai hal impersonal dan memiliki otonomi mengubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkup teknis. Jacques Ellul dalam tulisannya yang berjudul "The technology society" (1964) tidak mengatakan teknologi tetapi teknik, meskipun artinya sama. Menurut Ellul istilah teknik digunakan tidak hanya untuk mesin, tekhnologi atau prosedur untuk memperoleh hasilnya, melainkan totalitas metode yang dicapai secara rasional dan mempunyai efisiensi (untuk memberikan tingkat perkembangan) dalam setiap bidang aktivitas manusia. jadi tekhnologi menurut Ellul adalah berbagai usaha, metode dan cara untuk memperoleh hasil yang distandarisasi dan dieprhitungakn sebelumnya.

Tekhnologi yang berkembang dengan pesat meliputi berbagai bdaing kehidupan manusia. Luasanya bidang teknik digambarkan sebagai berikut:
1. Teknik meliputi bidang ekonomi, artinya teknik mampu menghasilkan barang-barang industri.
2. Teknik meliputi bidang organisasional seperti administrasi. pemerintahan, mamajemen, hukum dan militer.
3. Teknik meliputi bidang manusiawi.

Pada era saat ini teknologi bukan lagi mejadi sesuatu yang mewah. Semua orang sudah dapat merasakan hebatnya teknologi. Salah satu teknologi yang berkembang begitu pesat yaitu smartphone. Banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh smartphone dan penggunaannya yang mudah membuat handphone jenis ini begitu digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat baik tua maupun muda. Dari sisi harga, smartphone saat ini juga begitu terjangkau oleh kalangan masayarakat ekonomi menengah ke bawah.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphone. Para pengguna smartphone dapat dengan mudah berhubungan sosial dengan orang-orang di sekitarnya maupun dengan teman atau saudara yang jaraknya jauh. Begitu pula dengan aplikasi media sosial. Saat ini sangat banyak jenis-jenis media sosial yang dapat menghubungkan seseorang dengan orang lain, seperti facebook, tweeter, path, whatsap, line, dan masih banyak lagi lainnya.

Banyak keuntungan dan manfaat dari perkembangan tekhnologi ini, seperti mempermudah dalam akses informasi, mempermudah dalam penyebarluasan dan penyebaran informasi, mempermudah dalam tugas dan pekerjaan serta membuka lowongan pekerjaan baru di bidang IT.

Namun kerugian atau dampak negatif dari perkembangan tekhnologi ini juga tak kalah banyak, seperti isu SARA, kekerangan dan pornografi menjadi hal yang biasa, pola hidup konsumtif, individualis, kesenjangan sosial serta krminalitas seperti penipuan dan plagiat.

 Kita sebagai penikmat dan pengguna teknologi sudah seharusnya menghadapi dan menggunakan tekhnologi secara bijak. Jangan sampai kita menjadi korban dari perkembangan tekhnologi, misalnya menjadi korban penipuan saat melakukan pembelian sacara online, ikut dalam perdebatan yang berbau SARA dalam jejaring sosial yang nantinya dapat memecah belah masyarakat Indonesia.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar